Pengobatan Stroke Iskemik Yang Paling Manjur

Pengobatan Stroke Iskemik Yang Paling Manjur

Posted by on Sep 28, 2015 in Stroke dan Penanganannya |

stroke iskemikStroke Iskemik (Ischemic Stroke) adalah gejala stroke yang terjadi karena terganggunya aliran darah ke dalam otak akibat penyumbatan pada pembuluh darah di otak atau yang menuju otak. Stroke iskemik merupakan jenis stroke yang paling banyak ditemukan.

Jenis-Jenis Stroke Iskemik

Ada dua tipe stroke iskemik dilihat dari lokasi penggumpalan: Stroke Iskemik Trombotik dan Stroke Iskemik Embolik. Stroke trombotik terjadi karena adanya penyumbatan pada arteri yang menyempit oleh gumpalan darah yang terbentuk dan menumpuk pada tempat tersebut sedangkan stroke embolik terjadi karena sumbatan pada arteri yang menyempit oleh gumpalan darah yang berasal dari bagian lain pada tubuh. Gumpalan darah biasanya terbentuk pada daerah dimana arteri sudah menyempit oleh plak (sekumpulan sel-sel lemak) ateroslerotik. Sumbatan seperti itu seringkali ditemukan pada salah satu atau kedua arteri karotis yang menyuplai darah ke otak.
Berkurangnya aliran darah ke dalam otak menyebabkan gangguan dan kerusakan. Kemampuan yang dikendalikan oleh daerah pada otak yang rusak akan hilang dan derajat kerusakannya tergantung dari beratnya stroke. Hal ini merupakan kondisi darurat medis yang memerlukan penanganan secara cepat untuk mencegah kerusakan menetap pada otak. Keterlambatan penanganan stroke iskemik akan menyebabkan suplai oksigen dan sari makanan terhambat ke otak sehingga mengakibatkan kerusakan otak secara permanen.

Pengobatan Stroke Iskemik

Mengingat pentingnya penanganan yang sesegera mungkin pada kejadian stroke, baik itu stroke iskemik maupun stroke hemoragik, maka perlu kita ketahui pula produk apa yang paling tepat untuk mengatasi hal ini.
Untuk mengobati jenis stroke ini, dokter harus terlebih dahulu memulihkan aliran darah menuju otak dengan cepat. Berikut beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter:

1. Pemberian Obat Stroke Iskemik

Jika diberikan ke dalam pembuluh vena, pengobatan ini harus dilakukan dalam waktu 4,5 jam setelah merasakan gejalanya. Pengobatan yang dilakukan dengan cepat tidak hanya meningkatkan kesempatan Anda untuk tetap bertahan hidup, tetapi juga dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat timbul dari penyakit stroke yang Anda alami. Dokter mungkin akan memberikan:

  • Aspirin
  • Aspirin merupakan jenis obat anti-koagulan yang berfungsi menghambat terjadinya pembekuan darah sehingga terhindar dari kondisi yang lebih parah. Dosis dari obat ini dapat bervariasi dan dapat memberikan efek samping yaitu darah menjadi lebih encer. Tak hanya aspirin, dokter juga mungkin akan memberikan resep obat heparin yang dapat mengencerkan darah. Namun, jenis obat ini jarang digunakan.

  • Alteplase atau injeksi intravena aktivator jaringan plasminogen (TPA)
  • Alteplase diberikan melalui suntikkan yang diberikan melalui pembuluh darah. Obat ini dapat menghilangkan gumpalan darah yang terbentuk dalam pembuluh darah. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, obat ini harus diberikan 4,5 jam setelah gejala stroke mulai terasa. Obat ini dapat mengembalikan aliran darah dan melarutkan bekuan darah penyebab stroke.

2. Tindakan Darurat

Terkadang, karena kondisi darurat tertentu, dokter mungkinakan memberikan rekomendasi pengobatan yang harus dilakukan sesegera mungkin. Tindakan darurat yang mungkin dilakukan antara lain adalah:

  • Obat yang diterapkan langsung ke otak
  • Prosedur ini dilakukan dengan cara menyisipkan tabung tipis dan panjang (kateter) yang dimasukkan melalui pembuluh arteri di pangkal paha dan akan menyusup hingga mencapai otak.

  • Menghilangkan bekuan mekanik
  • Prosedur ini melibatkan penggunaan kateter yang disisipkan ke dalam otak Anda. Hal ini dilakukan untuk mengambil dan menghapus bekuan darah yang ada dalam pembuluh darah Anda.

  • Endarterektomi
  • Jenis pengobatan ini dilakukan untuk menghilangkan timbunan lemak atau plak dari pembuluh arteri karotid yang ada di sepanjang sisi leher hingga otak Anda. Pembedahan dilakukan dengan membuat sayatan sepanjang bagian depan leher, membuka pembuluh arteri karotis, dan kemudian menghilangkan timbunan lemak (plak) yang menyumbat pembuluh arteri karotis. Prosedur ini memang bisa mengurangi risiko stroke iskemik, namun juga memberikan risiko lain, terutama bagi orang dengan penyakit jantung atau kondisi medis lainnya.

  • Angioplasti dan stent
  • Dalam prosedur ini, kateter yang telah dilengkapi oleh tabung jala (stent) dan terdapat balon di ujungnya akan dimasukkan melalui pembuluh arteri yang ada di pangkal paha hingga mencapai pembuluh arteri karotis yang tersumbat di bagian leher Anda. Di bagian pembuluh arteri yang mengalami penyempitan, balon akan dikembangkan kemudian tabung jala (stent) akan dimasukkan ke dalam lubang untuk menjaga pembuluh arteri Anda agar tidak menyempit kembali.

Pengobatan Stroke Iskemik Secara Alami

Pengobatan stroke iskemik dengan mempergunakan obat-obatan kimia dalam jangka panjang akan memiliki resiko terjadinya kerusakan ginjal. Sementara tindakan operasi juga banyak dihindari karena faktor resiko yang cukup tinggi di samping biayanya yang mahal. Atas pertimbangan itulah saat ini banyak orang mulai beralih pada penggunaan obat-obatan alami dalam mengatasi stroke iskemik ini. Namun demikian, diperlukan pemahaman yang benar agar pengobatan berjalan efektif.
Sebagaimana kita ketahui, stroke iskemik diakibatkan oleh terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu, sangatlah logis bila obat stroke iskemik haruslah memiliki kemampuan untuk membersihkan penyumbatan di pembuluh darah tersebut. Salah satu produk yang terbukti sangat efektif dalam pengobatan stroke iskemik adalah ruicao ginkgo royal. Ruicao ginkgo royal merupakan produk suplemen berbahan dasar ginkgo yang telah dikenal di seluruh dunia sebagai tanaman yang sangat manjur untuk membersihkan pembuluh darah.
Berikut ini adalah salah satu testimoni yang memperlihatkan betapa ruicao sangat efektif dalam membantu pengobatan stroke iskemik:

Artikel Bermanfaat Lain:
Obat Stroke Ringan Terbaik