Penyebab Sakit Asam Urat Tinggi

Penyebab Sakit Asam Urat Tinggi

Posted by on Oct 8, 2015 in Artikel Kesehatan, Asam Urat |

Penyebab Sakit Asam uratPenyakit asam urat tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang ‘populer’ di Indonesia. Saat penyakit ini menyerang, penderita akan mengalami nyeri dalam berbagai tingkatan, terutama di daerah persendian. Sakit asam urat merupakan sebuah kondisi di mana kadar asam urat dalam darah meningkat sehingga menimbulkan gangguan kesehatan, seperti nyeri di persendian. Apabila dibiarkan, penyakit ini bisa menimbulkan gout (peradangan pada sendi akibat penumpukan asam kristal) dan bahkan batu ginjal.

Penyebab sakit asam urat di antaranya adalah akibat dari terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin. Purin sebetulnya adalah zat alami yang ditemukan dalam semua sel-sel tubuh. Zat ini merupakan salah satu komponen biokimia yang penting bagi tubuh kita, karena purin menyediakan bagian dari struktur kimia gen bagi makhluk hidup baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Dengan demikian, purin sebenarnya bisa dikatakan ada hampir di semua makanan. Namun demikian, jenis makanan tertentu memiliki kadar purin yang lebih besar dari yang lainnya.

Setiap hari tubuh kita melakukan regenerasi sel dengan cara mengganti sel-sel yang mati atau rusak dengan sel baru. Ini adalah cara yang luar biasa agar fungsi seluruh bagian tubuh kita selalu terjaga dengan baik. Saat sel-sel mati atau rusak, purin yang merupakan bahan genetiknya juga ikut rusak. Purin yang rusak ini kemudian dipecah oleh tubuh menjadi zat yang kita kenal sebagai asam urat atau uric acid.

Pemecahan purin menjadi asam urat merupakan sebuah hal yang penting. Dalam darah, asam urat memiliki fungsi sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah kita. Namun demikian, kadar asam urat dalam darah haruslah berada pada batas normal sesuai denganĀ  kebutuhan tubuh kita. Jika kadar asam urat dalam darah berlebihan, maka bisa terjadi akumulasi sehingga menyebabkan kristal asam urat mengendap di berbagai bagian tubuh tertentu seperti tendon persendian, ginjal, dan organ lainnya. Akumulasi kristal asam urat inilah yang sering kita kenal sebagai penyakit asam urat.

Karena berbagai hal, kadar asam urat dalam darah bisa menjadi terlalu tinggi. Untuk menjaga agar kadar asam urat dalam darah tetap seimbang, maka ginjal bekerja untuk membuangnya lewat urin. Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ginjal tidak mampu mengendalikan kadar asam urat ini secara optimal yang menyebabkan timbulnya gejala sakit asam urat. beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

  1. Terlalu Banyak Asupan Makanan Berkadar Purin Tinggi

    Terlalu banyak makan makanan berkadar purin tinggi disinyalir merupakan penyebab sakit asam urat yang utama. Itulah sebabnya, saat usia kita meningkat, kita disarankan untuk semakin memperhatikan apa yang kita makan. Seperti telah disinggung sebelumnya, hampir semua jenis makanan yang kita makan mengandung zat purin. Namun demikian, beberapa jenis makanan diketahui mengandung jumlah purin yang tinggi, sehingga meningkatkan resiko timbulnya penyakit asam urat.

  2. Kerusakan Sel Dalam Jumlah Besar

    Secara alami, sel-sel tubuh kita akan mati dalam jangka waktu tertentu. Kematian sel merupakan suatu hal yang wajar, dan tubuh akan segera menggantinya dengan sel yang baru. Hal ini adalah sebuah cara bagi tubuh agar selalu berada dalam kondisi optimal.
    Namun demikian, beberapa kondisi menyebabkan kerusakan sel terjadi dalam jumlah besar. Luka, serangan penyakit, racun, zat kimia, polusi dan radikal bebas merupakan beberapa hal yang mengakibatkan kerusakan sel. Ketika tubuh mengalami hal-hal tersebut, maka jumlah sel-sel yang matipun akan meningkat.Dengan demikian, jumlah purin yang diubah menjadi asam urat menjadi jauh lebih banyak dari seharusnya.

  3. Menurunnya Fungsi Ginjal

    Ginjal merupakan kunci keseimbangan asam urat dalam darah. Darah yang melewati ginjal akan disaring, dan ginjal kemudian akan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan, termasuk kelebihan asam urat. Ketika fungsi ginjal menurun, maka proses ini tidak dapat berjalan dengan baik sehingga asam urat dan berbagai zat-zat lain yang seharusnya dibuang tidak bis terbuang dan terus bersirkulasi dalam darah sehingga konsentrasinya semakin meningkat.

Dari pemaparan di atas, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk menjaga agar kita tidak terkena penyakit asam urat, maka setidaknya ada 3 penyebab sakit asam urat yang perlu kita perhatikan, yaitu: asupan makanan yang mengandung banyak purin, kerusakan sel secara tidak alami, dan menurunnya fungsi ginjal. Bagaimana caranya? Baca artikel selanjutnya.

 

Makanan Yang Menjadi Pantangan Penderita Asam urat